SILABUS MATA
KULIAH
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pengajaran
Kode Mata Kuliah :
Bobot Mata Kuliah : 3 sks
Kelompok Mata Kuliah :
MKK
Dosen Pembina : Drs. Ilpizukdi, M. Pd.
Semester : VI
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas hakekat pengukuran dan
penilain hasil belajar, mengolah dan melaporkan hasil evaluasi, serta
menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
B. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa
memahami hakekat pengukuran dan penilaian, mampu menyusun perangkat alat
evaluasi pengajaran, mengolah, melaporkan hasil evaluasi, dan menggunakan hasil
evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
C. KEPUSTAKAAN
- Arikunto, Suharsimi. 1989. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
- Ary, Donal dkk. 1972.
Introduction to Research in Education. New York: Holt, Renehart
and Winston
- Nurkancana, Wayan dan
Sunartana, P.P.N. 1982. Evaluasi Ilmu Pendidikan. Surabaya:
Usaha Nasional
- Utomo, Tjipto dan Rujter, Kees. 1985. Peningkatan dan Pengembangan
Pendidikan. Jakarta: Gramedia
- Yusuf, A Mury. 1986.
Teknik Evaluasi. Padang: FIP IKIP Padang
- Prayitno, 1987. Pengadministrasian
Tes. Padang: FIP IKIP Padang
D. STRATEGI PERKULIAHAN
- Kuliah Mimbar
- Diskusi Kelompok
- Observasi
- Presentasi
- Pemberian Tugas
E. PENILAIAN
- Kehadiran dan aktivitas dalam kelas 10%
- Tugas mingguan 20
%
- UTS 30 %
- UAS 40 %
Jumlah 100%
F. KEGIATAN PERKULIAHAN
MG KE
|
MATERI (TOPIK DAN RINCIAN)
|
Tugas
|
SUMBER
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Minggu I
|
Penjelasan
Silabus
|
|
|
I
|
I. KONSEP DASAR
PENGUKURAN DAN PENILAIAN
A.
Pengertian
Pengukuran dan penilaian
B. Peranan penilaian dalam pembelajaran
C.
Hubungan antara
penilaian dengan mutu pembelajaran
|
Membaca buku sumber
|
1,3,5
|
II
|
D.
Prinsip-prinsip
penilaian
E.
Skala
pengukuran
|
sda
|
1,3,5
|
III
|
II. TAKSONOMI BLOOM
A.
Ranah kognitif
B.
Ranah Afektif
C.
Ranah
psikomotor
|
sda
|
1,3,5
|
IV
|
III. PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A.
Jenis Instrumen
B.
Tes
|
sda
|
3,5
|
V
|
a.
Teknik Menulis Tes Esai
|
Membuat TIK dan soal
|
3,5
|
VI
|
b.
Teknik Menulis Tes Objektif
1)
betul-salah
2)
penjodohan
3)
pilihan ganda
|
Membuat Kisi-kisi
|
3,5
|
VII
|
4)
analisis sebab
akibat
5)
asosiasi
pilihan ganda
6)
isian
|
Membuat contoh soal sesuai
kisi-kisi
|
3,5
|
VIII
|
C.
Observasi
|
|
3,5
|
IX
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
|
|
X
|
IV. MENENTUKAN KUALITAS
INSTRUMEN TES
a.
Validitas
|
Membuat latihan
|
3,5
|
XI
|
b.
Reliabilitas
|
sda
|
3,5
|
XII
|
a.
Tingkat
kesukaran
|
sda
|
3,5
|
XIII
|
b.
Daya beda
|
sda
|
1,2,3
|
XIV
|
E. Penggunaan
Penilaian
1. Penilaian Acuan Normatif (PAN)
|
1,2,4,5
|
3,5
|
XV
|
2. Penilaian
Acuan Patokan (PAP)
|
1,2,4,5
|
3,5
|
XVI
|
Pengadministrasian Tes
|
1,2,3,4,5
|
6
|
XVII
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
|
|
Padang, September 2011
Dosen yang bersangkutan
Drs. Ilpi Zukdi,M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar