Jumat, 24 Februari 2012

RPP EVALUASI PEMBELAJARAN


SILABUS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah               :  Evaluasi Pengajaran
Kode Mata Kuliah                : 
Bobot Mata Kuliah               :  3  sks
Kelompok Mata Kuliah        :  MKK
Dosen Pembina                     :  Drs. Ilpizukdi, M. Pd.
Semester                               :  VI

A.     DESKRIPSI MATA KULIAH


Mata kuliah ini membahas hakekat pengukuran dan penilain hasil belajar, mengolah dan melaporkan hasil evaluasi, serta menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran

B.     TUJUAN MATA KULIAH

Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami hakekat pengukuran dan penilaian, mampu menyusun perangkat alat evaluasi pengajaran, mengolah, melaporkan hasil evaluasi, dan menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

C.     KEPUSTAKAAN

  1. Arikunto, Suharsimi. 1989. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
  2. Ary, Donal dkk. 1972. Introduction to Research in Education. New York: Holt, Renehart and Winston
  3. Nurkancana, Wayan dan Sunartana, P.P.N. 1982. Evaluasi Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
  4. Utomo, Tjipto dan Rujter, Kees. 1985. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia
  5. Yusuf, A Mury. 1986. Teknik Evaluasi. Padang: FIP IKIP Padang
  6. Prayitno, 1987. Pengadministrasian Tes. Padang: FIP IKIP Padang

D.    STRATEGI PERKULIAHAN


  1. Kuliah Mimbar
  2. Diskusi Kelompok
  3. Observasi
  4. Presentasi
  5. Pemberian Tugas

E.     PENILAIAN
  1. Kehadiran dan aktivitas dalam kelas                  10%
  2. Tugas mingguan                                                20 %
  3. UTS                                                                  30 %
  4. UAS                                                                 40 %
Jumlah                                                              100%

F.      KEGIATAN PERKULIAHAN



MG KE
MATERI (TOPIK DAN RINCIAN)
Tugas
SUMBER
1
2
3
4
Minggu I
Penjelasan Silabus



I

 

I. KONSEP  DASAR  PENGUKURAN DAN   PENILAIAN

A.     Pengertian Pengukuran dan penilaian
B.     Peranan penilaian dalam pembelajaran
C.     Hubungan antara penilaian dengan mutu pembelajaran

Membaca buku sumber

1,3,5
II
D.     Prinsip-prinsip penilaian
E.      Skala pengukuran
sda
1,3,5
III
II. TAKSONOMI BLOOM
A.     Ranah kognitif
B.     Ranah Afektif
C.     Ranah psikomotor
sda
1,3,5
IV
III. PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A.     Jenis Instrumen
B.     Tes
  1. Pengertian Tes
  2. Jenis-jenis tes
sda
3,5
V
a. Teknik Menulis Tes Esai
Membuat TIK dan soal
3,5
VI
b. Teknik Menulis Tes Objektif
1)      betul-salah
2)      penjodohan
3)      pilihan ganda
Membuat Kisi-kisi
3,5
VII
4)      analisis sebab akibat
5)      asosiasi pilihan ganda
6)      isian

Membuat contoh soal sesuai kisi-kisi
3,5
VIII
C.     Observasi
  1. Pengertian
  2. Jenis
  3. Pengembangan dan penggunaan

3,5
IX

UJIAN TENGAH SEMESTER


X
IV. MENENTUKAN KUALITAS INSTRUMEN TES
a.       Validitas
Membuat latihan
3,5
XI
b.      Reliabilitas
sda
3,5
XII
a.       Tingkat kesukaran
sda
3,5
XIII
b.      Daya beda
sda
1,2,3
XIV
E.  Penggunaan Penilaian
1. Penilaian Acuan Normatif (PAN)
1,2,4,5
3,5
XV
   2. Penilaian Acuan Patokan (PAP)
1,2,4,5
3,5
XVI
Pengadministrasian Tes
1,2,3,4,5
6
XVII
UJIAN AKHIR SEMESTER



                                                                                                                                  Padang,   September 2011
                                                                                                           
                                                                                                  Dosen yang bersangkutan




                                                                                                  Drs. Ilpi Zukdi,M.Pd 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar