RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Berdasarkan
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
IDENTITAS
MATA PELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN .....
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas
/ Semester : V / 2
Jumlah Pertemuan : satu kali (pertama)
STANDAR
KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Mengartikan
Al Qur’an surat pendek pilihan
|
|
1.1 Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
|
|
||
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
1. Melafalkan Q.S al-Lahab
2. Membaca Q.S al-Lahab
3. Melafalkan Q.S al-Kafirun
4. Membaca Q.S al-Kafirun
5. Menghafal Q.S al-Lahab
6.
Menghafal Q.S al-Kafirun
|
|
Peserta didik dapat membaca surat al-Lahab dan
al-Kafirun secara baik dan benar menurut ilmu tajwid
|
MATERI AJAR
Fakta :
Q.S al-Lahab dan al-Kafirun merupakan surat Makkiyah terdapat pada Juz
ke-30 atau Jus ‘Amma pada al-Qur’an
Konsep :
Isi dari surat al-Lahab adalah:
ôM¬7s?
!#yt
Î1r&
5=ygs9
¡=s?ur
ÇÊÈ !$tB
4Óo_øîr&
çm÷Ytã
¼ã&è!$tB
$tBur
|=|¡2
ÇËÈ 4n?óÁuy
#Y$tR
|N#s
5=olm;
ÇÌÈ ¼çmè?r&tøB$#ur
s's!$£Jym
É=sÜysø9$#
ÇÍÈ Îû
$ydÏÅ_
×@ö7ym
`ÏiB
¤|¡¨B
ÇÎÈ
Artinya:
1. binasalah kedua tangan Abu Lahab
dan Sesungguhnya Dia akan binasa
2. tidaklah berfaedah kepadanya harta
bendanya dan apa yang ia usahakan.
3. kelak Dia akan masuk ke dalam api
yang bergejolak.
4. dan (begitu pula) istrinya, pembawa
kayu bakar
5. yang di lehernya ada tali dari
sabut.
Isi dari surat al-Kafirun adalah
ö@è%
$pkr'¯»t
crãÏÿ»x6ø9$#
ÇÊÈ Iw
ßç6ôãr&
$tB
tbrßç7÷ès?
ÇËÈ Iwur
óOçFRr&
tbrßÎ7»tã
!$tB
ßç7ôãr&
ÇÌÈ Iwur
O$tRr&
ÓÎ/%tæ
$¨B
÷Lnt6tã
ÇÍÈ Iwur
óOçFRr&
tbrßÎ7»tã
!$tB
ßç6ôãr&
ÇÎÈ ö/ä3s9
ö/ä3ãYÏ
uÍ<ur
ÈûïÏ
ÇÏÈ
Artinya:
1. Katakanlah: "Hai orang-orang
kafir,
2. aku tidak akan menyembah apa yang
kamu sembah.
3. dan kamu bukan penyembah Tuhan yang
aku sembah.
4. dan aku tidak pernah menjadi
penyembah apa yang kamu sembah,
5. dan kamu tidak pernah (pula)
menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.
6. untukmu agamamu, dan untukkulah,
agamaku."
Prinsip : Surat al-Lahab
menceritakan kisah sahabat nabi yang bernama Abu Lahab.
Surat al-Kafirun
membicarakan tentang toleransi dalam kehidupan.
Prosedur : Surat al-Lahab dan
al-Kafirun dibaca dimulai dari ayat pertama sampai terakhir dengan ilmu tajwid
ALOKASI WAKTU
1.
Tatap
muka (TM) : 50 Menit
2.
Tugas Terstruktur (TT)
: 20 Menit
3.
Kegiatan Mandiri Tidak Terstuktur (KMTT) : 30 menit
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : CTL
Model : Pembelajaran Langsung
Metode : Demonstrasi
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta didik
|
1
|
Pendahuluan
( 10 )
-
Memulai belajar dengan basmalah dengan rasa religius
-
Mencek keadaan fisik dan psikis peserta didik
-
Menghubungkan materi membaca Q.S al-Lahab dengan Q.S
al-Kafirun dengan materi sebelumnya
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
-
Menyampaikan sistem pembelajaran dengan membaca
|
-
Membaca basmalah dengan rasa religius
-
Menanggapi
pernyataan pendidik dengan menyampaikan
kondisinya.
-
Mendengarkan
pertanyaan Pendidik
dan menjawabnya dengan tanggungjawab
-
Mendengarkan
keterangan Pendidik tentang tujuan pembelajaran dengan mandiri
|
2
|
Kegiatan
Inti ( 50 )
Eksplorasi
-
Pendidik
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang peserta didik yang telah mampu membaca Q.S
al-Lahab dan al-Kafirun
|
-
Peserta
didik mengangkat tangan
untuk menjawab pertanyaan tentang membaca Q.S al-Lahab dan al-Kafirun
dengan jujur
|
Elaborasi
-
Pendidik meminta peserta didik menelaah surat al-Lahab
dan al-Kafirun dengan penuh tanggungjawab
-
Pendidik
melafalkan surat al-Lahab dan al-Kafirun dengan benar mengajukan pertanyaan kepada peserta
didik tentang peserta
didik yang telah mampu membaca Q.S al-Lahab dan al-Kafirun dengan penuh
disiplin
-
Pendidik mendengarkan bacaan peserta didik dengan penuh
tanggungjawab
|
-
Peserta
didik membuka surat al-Lahab dan al-Kafirun dengan jujur
-
Peserta didik mengikuti lafal pendidik dengan rasa tanggungjawab
-
Peserta didik membaca surat al-Lahab dan al-Kafirun
sesuai pada teks dengan penuh rasa
tanggungjawab
|
|
Konfirmasi
-
Pendidik melakukan penguatan terhadap bacaan surat
al-Lahab dan al-Kafirun dengan rasa gemar membaca
|
-
Peserta didik mengikuti bacaan surat al-Lahab dan
al-Kafirun dengan rasa gemar membaca
|
|
3.
|
Penutup
( 10 menit )
-
Pendidik
menyimpulkan materi surat al-Lahab dan al-Kafirun bersama peserta didik dengan
penuh rasa tanggungjawab
-
Pendidik
memberikan refleksi dan arahan dengan menghargai
prestasi
-
Pendidik menyampaikan perencanaan untuk remedial dan
pengayaan
-
Pendidik menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari
minggu berikutnya dengan rasa tanggungjawab
|
-
Peserta
didik menyimpulkan dan membuat catatan
penting dengan jujur
-
Peserta
didik mendengarkannya dengan menghargai prestasi
-
Peserta didik mengikuti perencanaan pendidik untuk
remedial secara mandiri
-
Peserta didik mencatat materi selanjutnya yang akan
dipelajari secara mandiri
|
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
/
Soal
|
1. Melafalkan Q.S al-Lahab
2. Membaca Q.S al-Lahab
3. Melafalkan Q.S al-Kafirun
4. Membaca Q.S al-Kafirun
5. Menghafal Q.S al-Lahab
|
Tes Praktik
|
Tes Identifikasi
|
1.
Bacalah
surat al-Lahab!
2. Bacalah surat al-Kafirun!
|
Rubrik/Pedoman
penilaian:
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Skor
|
1. Kelancaran
2. Bacaan surat al-Lahab
dan al-Kafirun
3. Makhraj dan Mad
|
· Membaca dengan
lancar
· Tidak melakukan
kesalahan bacaan surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya
|
100
|
· Membaca dengan
lancar
· Melakukan 1-2
kesalahan bacaan surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya
|
90
|
|
· Melakukan 3-4
kesalahan bacaan surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya
|
80
|
|
· Melakukan 5-6
kesalahan bacaan surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya
|
70
|
|
· Melakukan 7-8
kesalahan bacaan surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya
|
60
|
|
· Melakukan lebih dari 8 kesalahan bacaan surat al-Lahab
dan al-kafirun serta makhraj dan madnya
|
50
|
Lembar Instrumen
Penilaian
No
|
Nama
|
Soal/Portofolio
|
Skor
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
...dst
|
|
|
|
SUMBER
BELAJAR
1. Departemen Agama, Al-Qur’an dan
Terjemahnya, Jakarta: Toha Putra, 1989
2.
Yuni Wartono, dkk., PAI untuk SD Kelas V, Surakarta: Grahadi, 2007
Mengetahui
Kepala
Sekolah
................................................
NIP. .........................................
|
..........................,
.............
2011
Guru
Pendidikan Agama Islam
.............................................
NIP.
.......................................
|
Saran
Kepala Sekolah:
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
|
|
|
|